13 Perbedaan Avanza Baru

7:53:00 PM / Diposkan oleh DaNiEl /



13 cara mempertahankan kesuksesan
MENYUSUL saudara sedarahnya Daihatsu Xenia yang telah melakukan facelift terlebih dahulu, Toyota Avanza pun kembali bersolek untuk kedua kalinya. Kini terdapat 13 item yang menandai perubahan Avanza S baru. Siapkah ia mempertahankan gelar mobil terlaris di tanah air?
Menjad
i best seller dengan angka penjualan rata-rata 6 ribuan unit per bulan tidak lantas membuat PT Toyota-Astra Motor terlena dengan Avanza. Penyegaran demi penyegaran terus dilakukan sepanjang 4 tahun masa peredarannya. Di 2006, misalnya, dilakukan modifikasi terhadap suspensi, imbuhan teknologi VVT-I plus sejumlah ubahan kosmetik.
Dan kini mobil yang diprediksi akan menja
di 'The Next Kijang Kapsul' ini pun kembali berbenah. Memang, ubahan di lakukan tidak seekstrem facelift di 2006. Malah bisa dibilang sangat sulit menemukan perbedaan desain signifikan dengan model sebelumnya. Apalagi komponen-komponen signifikan seperti gril, bumper, hingga pelek praktis tidak berubah. Begitupun seluruh komponen mekanis dan penggerak yang sama persis dengan Avanza 2006.
Meski begitu, hasil pengamatan kami menunjukkan terdapat 13 item baru pada Avanza 1.5 S minor change. Baik pada sisi eksterior maupun interior. Jika praktis hamp
ir semua ubahan pada eksterior dapat dilakukan oleh pemilik Avanza lama dengan menyambangi toko onderdil dan aksesori, lain halnya dengan interior. Ubahannya terbilang menyeluruh, meski hasilnya tidak terlalu terlihat.
Tak hanya ke-13 ubahan tersebut, juga terdapat warna baru Dark Grey dan Wine Red yan
g menggantikan Red Mica. Bahkan pada varian S terdapat perubahan warna. Tak lagi tersedia dalam warna Champagne Metallic. Kini Avanza S tersedia dalam warna Silver Metallic, Black Mica, Aqua Metallic dan Dark Grey.
Hingga tulisan ini diturunkan, PT Toyota-Astra Motor belum mengumum
kan harga jual new Avanza. Namun diperkirakan akan naik 2-3 juta dari Avanza yang saat ini dijual dalam rentang harga Rp 112,4-147,7 juta on-the-road.
Apa saj
akah 13 item baru pada new Avanza? Mari kita simak detail selengkapnya...
1. Ring krom foglamp
INILAH perbedaan paling kentara pada Avanza minor change. Jika pada 1.5 S lama foglamp tampil polos 'bertengger' di ujung bumper. Kini dikelilingi ring krom yang memberikan aksen lebih mewah.


2. Bumper berlapis gril jaring
MAU tidak mau, anda harus sedikit menundukkan badan untuk melihat kehadiran item yang satu ini. Pada S model lama, bagian bawah bumper terlihat kosong melompong. Kini, ditutup dengan gril model kawat. Tak hanya mempermanis tampilan, 'jaring' ini juga berfungsi melindungi kondensor AC dari terpaan kerikil.

3. Sein di spion
BERBEDA dengan varian E dan G, trim S dilengkapi batok spion dengan lampu sein tidak lagi lurus mendatar, melainkan menyipit memberikan aksen mata kucing.


4. Logo VVT-I di samping
V, V, T, dan I. Inilah empat huruf yang menjadi tanda keunggulan Avanza atas rival utamanya, berkenan peforma, tenaga dan konsumsi bbm. Pada model minor change, tulisan VVT-I ini dipindah ke fender kanan dan kiri, tidak lagi terletak di pintu tail gate di belakang logo E, G, maupun S.

5. Tuas transmisi gate type
MUNGKIN kehadiran shifer model gate ini tidak berhubungan langsung dengan kecelakaan di tempat parkir yang melibatkan mobil bertransmisi otomatis belakangan ini. Akan tetapi, berbeda dengan tuas transmisi otomatis berpola lurus konvensional, model gate ini lebih unggul dalam faktor safety. Tuas tak mudah dipindah posisinya dari P-R-N-D begitu saja. Butuh usaha lebih bagi pengemudi sehingga salah masuk gigi pun dapat diminimalkan.

6. Atap bergelombang
TIK tik tik, bunyi hujan.... Ya, pada Avanza lama butiran air hujan yang jatuh ke atap menimbulkan suara nyaring yang menggangu kesenyapan kabin. Dengan atap model bergelombang seperti ini, bidang permukaan yang terkena air pun terbagi menjadi lebih kecil-kecil sehingga suara ditimbulkan tidak senyaring dulu. Dan kekuatan atap pun lebih solid.

7. Panel instrumen desain baru
SEPINTAS, ubahan satu ini sama sekali tidak terlihat. Akan tetapi, terdapat desain panel instrumen baru yang meliputi jenis font dan kehadiran aksen oranye pada spidometer. Sisanya sama persis.


8. Lis kro
m di kaca belakang
LAGI-LAGI krom. Nyata betapa Toyota menjejali Avanza minor change ini dengan lapisan krom di mana-mana. Terdapat lapisan krom di bawah kaca jendela tail gate. Rasanya kehadiran yang satu ini dapat dianggap terlalu ramai oleh sebagian orang.

9. Setir 4-spoke
INI dia, ciri pembela Avanza lama dengan yang baru. Mari ucapkan selamat tinggal pada setir palang 3 dan sambutlah kehadiran setir 4-spoke mirip milik Kijang Innova. Selain memberikan aksen mewah, setir model ini juga terasa lebih mantap digenggam.

10. Jok dengan motif jahitan berbeda
NYARIS tak terlihat! Perhatikan baik-baik sisi samping jok depan dan belakang yang diberi jahitan model baru ( double stitch ). Memberikan kesan lebih rapi.



11. Wa
rna dasbor lebih gelap
TERLEPAS berkesan mewah, kehadiran dasbor berkelir beige muda seperti pada model lama cenderung merepotkan konsumen. Sedikit-sedikit langsung kotor. Beruntung, model baru ini dibekali dasbor dengan warna sedikit lebih gelap. Masih berkesan mewah, namun tidak sesensitif sasbor berwarna muda.

12. Kisi AC berbeda warna
SEKADAR aksen pemanis kabin, kini kisi AC diberi warna lebih gelap dari dasbor. Tidak seperti model lama yang berwarna sama.



13. Lis sa
mping bawah
UNTUK menambah aksen mewah, kini terdapat lis krom memanjang dari pintu depan hingga belakang. Adapun lis model ini juga terdapat pada varian E dan G, meski pada kedua trim tersebut lis belum dilapisi krom.

Label:

0 komentar:

Post a Comment